2 Cara Mudah Merawat Hardisk Internal Komputer

Cara Mudah Merawat Hardisk Internal Komputer
Samoedra Tekno – Assalamualaikum, tidak bisa dipungkiri bahwa Hardisk memiliki peranan penting dalam kelangsuan hidup suatu PC. Oleh karena itu kita harus menjaga dan merawat hardisk, jika ingin umur PC kita panjang.

Selain untuk memanjangkan umur dari PC kita, perawatan disk juga untuk mencegah menurunnya kinerja dari PC kita. Jika kinerja dari PC kita lambat maka kita akan malas untuk menggunakannya, dan sebagian besar orang akan meninggalkan PC tersebut atau dalam kata lain adalah Terbengkalai.

Mungkin anda akan bertanya Gimana cara merawat hardisk PC ? Atau Hardisknya diambil baru dibersihkan ?

Cara merawat hardisk PC ini sangatlah mudah dan simple. Anda hanya perlu melakukan Defragment pada hardisk menggunakan Disk Defragment dan Disk Clean Up. Sangat mudah dan simple kan untuk dikerjakan ? dengan begini anda tidak perlu mengambil hardisknya untuk dibersihkan.

Memang sih kebersihan dari dalam CPU harus diperhatikan, namun untuk membersihkannya anda hanya perlu membuka penutup sampingnya dan bersihkan debunya, tidak perlu mengambil komponennya satu persatu untuk dibersihkan secara intensif..

Oke,, kita langsung saja ke tips yang pertama yaitu Defragment pada hardisk.

Apa itu Disk Defragmenter ?

Disk Defragmenter adalah sebuah software bawaan dari OS (Operating System) windows yang berfungsi untuk menjaga kestabilan dari PC dan keadaan hardisk. Kenapa bisa dikatakan demikian, pasalnya Disk Defragmenter mampu memperbaiki boot sector dalam hardisk maupun program, 

So OS windows ini sangat User Friendly. Kenapda dikatakan User Friendly ? karena Windows memberika tools-tools yang sangat berguna dalam menjaga hardware pc kita, Contohnya Disk Defragmenter ini.

Cara Menggunakan Disk Defragmenter.

  1. Klik Start > All Programs > Accessories > System Tools > Pilih Disk Defragmenter
  2. Klik Pada Disk Yang Akan Di Defragment (Semua Disk) > Klik Defragment Disk
  3. Tunggu Hingga Proses Selesai , Sampai Tanggal Pada Tabel 'Last Run' Telah Berganti Tanggal


Demikian cara melakukan disk defragment untuk menjaga keawetan dari hardisk kita yang sangat berpengaruh dalam umur PC.

Kita lanjut ke tips yang kedua, yaitu Disk Clean-Up

Apa itu Disk Clean-Up ?

Disk Clean-Up adalah sebuah proses pengurangan atau penghapusan file sudah tidak digunakan (file sampah) lagi oleh windows yang terdapat pada hardisk. Dengan dilakukannya disk cleanup ini dapat membebaskan ruang pada hardisk yang berpengaruh terhadap kinerja computer.

Terkadang pada saat proses Booting PC kita memerlukan waktu yang lama, mungkin salah satu penyebabnya adalah banyaknya aplikasi sampah yang sudah tidak diperlukan, dan parahya lagi masih tersimpan pada hardisk PC kita…

  1. Klik Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup
  2. Pilih Drive yang akan Dibersihkan (Kali ini saya akan membersihkan Drive C: )
  3. Centang semua file yang ada ( JANGAN TAKUT ! Tidak akan ada file yang Hilang )
  4. Apabila anda ingin membersihkan System Fie Maka Pilih "Clean up System Files"
  5. Klik OK dan Data file yang sudah tidak diperlukan oleh Laptop / Komputer akan Terhapus (Sekali lagi jangan takut , karena tidak akan ada data anda yang Hilang )



Sekian dulu perjumpaan kita, semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ya…

0 komentar:

Post a Comment